Selasa, 15 Mei 2012

Politik Uang Susah Hilang Dari Pemilu

Posted by kalipucangkulon On 22.50 No comments

Sepertinya kita semua harus berlapang dada menerima kenyataan bahwa pemilihan umum baik itu di tingkat nasional maupun daerah berjalan dengan bebas. jujur, dan adil (JURDIL). Fakta ini bukanlah disampaikan oleh pengamat politik atau LSM, tetapi justru oleh penyelenggara pesta demokrasi rakyat itu sendiri.

Hal ini terjadi karena masih ada masyarakat daerah ini dalam kondisi kurang mampu serta tergolong pemilih irasional yang mudah menjadi sasaran politik uang (money politic). 

Meski demikian, KPU harus bertanggungjawab akan melakukan tindakan pencegahan sekaligus penanggulangan dengan mengadakan sosialisasi yang menitikberatkan pada pemahaman mengenai dampak politik uang ini kepada pemilih, utamanya pemilih yang irasional.

Indonesia bisa dikatakan masih baru dalam dunia demokrasi. Perbaikan demi perbaikan yang dilakukan oleh pihak penyelenggara pemilu harus diapresiasi. Apakah proses perubahan untuk menuju demokrasi ideal akan lama atau sebentar? 

Semua itu tergantung. Jika setiap elemen di bangsa ini sudah memenuhi persyaratan hadirnya demokrasi yang ideal pada waktu beberapa tahun mendatang maka saat itu juga demokrasi yang diidam-idamkan oleh seluruh rakyat dapat terwujud. Semuanya itu kembali kepada kita yang ada di negeri ini, apakah mau berubah cepat atau lama? (as)

0 komentar:

Posting Komentar